Langsung ke konten utama

Mengenal Sistem Operasi



Pengertian Sistem Operasi

Adalah software yang bertindak sebagai perantara antara user dan hardware.

Sasaran Sistem Operasi 
  • Menjalankan program dari user dan membatu user dalam menggunakan computer
  • Menyediakan sarana sehingga user menjadi mudah
  • Memanfaatkan hardware yang terbatas secara efisien  

Komponen Sistem Operasi :
  • HARDWARE
  • SOFTWARE
  • BRAINWARE
  • APPLICATION PROGRAM : Office, Game ,dll.

System operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian :
  • Mekanisme Boot : Meletakkan kernel ke memory kernel (kernel => inti dari system operasi atau otak OS)
  • Command interpreter (Shell) : Bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi atau program. Contoh : Command Prompt / CMD (windows), console (linux).
  • Driver : Untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.
  • Resource Allocator : System operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
  • Handler : Berperan dalam mengendalikan system perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.

Evolusi Sistem Operasi 
 
  • Generasi Pertama : Masih manual, dalam artian belum muncul system operasi yang mendukung layanan pekerjaan yang dapat di dalam 1 rangkaian.
  • Generasi Kedua : Sudah diperkenalkan pekerjaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian (Batch Processing System).Generasi Ketiga : Sudah mendukung layanan multiuser, multi programming dan Batch Processing System.
  • Generasi Keempat : Sudah GUI (Graphical User Interface).
  • Generasi Kelima : SO Mobile, Website, Jaringan, Cross Platform (menggabungkan dua sitem operasi)


Struktur Sistem Komputer : SO computer, I/O, Storage, Proteksi Hardware

Sistem Operasi Komputer :
  • CPU device dan I/O dapat beroperasi secara serentak
  • Semua request ke I/O dikendalikan oleh I/O system
  • CPU memindahkan data dari/ke memori ke/dari local buffer

Strukrur I/O : User request I/O :
  • CPU load instruksi ke Register Controller
  • Controller menjalankan instruksi

Metode I/O :
  • Synchronous : Kendali yang kembali ke user program setelah I/O selesai sehingga diperlukan waktu tunggu untuk akses selanjutnya. Contoh : Foto.
  • Asynchronous : Kendali yang akan kembali ke user tanpa menunggu I/O. Contoh : Chatting.

Struktur Sistem Komputer

Komponen Sistem Umum :
  • Manajemen proses
  • Manajemen main memori
  • Manajemen file
  • Manajemen I/O system
  • Manajemen secondary storage 
  • Command-Interpreter system

Layanan Sistem Operasi :

  • Eksekusi program : Kemampuan system untuk “load” program ke memori dan menjalankan program.
  • Operasi I/O
  • Manipulasi file system
  • Komunikasi
  • Deteksi error
  • Penggunaan system yang efisien


System Calls : Menyediakan interface antara program (user program yang berjalan) dan bagian OS. System calls menjadi jembatan antara proses dan OS (Operating System).

Program System : Menyediakan kemudahan pembangunan program dan eksekusi (manipulasi file, informasi status, modifikasi file, dukungan bahasa pemrograman, loading dan eksekusi program, komunikasi dan aplikasi program.

Struktur System Operasi :
Metode untuk mengorganisasi dan membangun system operasi, contoh : MS-DOS.

Perancangan Sistem :
Tujuan perancangan system :
  • SO mudah digunakan, dipelajari, handal, aman dan cepat (oleh user).
  • SO mudah di desain, diimplementasikan dan dikelola, fleksibel, handal, bebas kesalahan dan efisien (oleh sistem).

Implementasi Sitem : Secara tradisional ditulis dalam bahsa assembly, dan saat ini SO dapat ditulis dalam bahasa tingkat tinggi.

System Generation : SO didesain untuk dijalankan pada berbagai kelas mesin. System harus dikonfigurasi untuk setiap komputer secara spesifik.

Bootstrap Program : Kode yang disimpan di ROM yang ditempatkan pada kernel, di load ke memori dan memulai eksekusi.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Logika Fuzzy (Fuzzy Logic)

Nama : Erlin Novianty Kelas : 3 KA33 NPM : 1C114791 Tugas : Softskill Peng. Teknologi Sistem Cerdas Dosen : Dewi Andriyani Logika Fuzzy ( Fuzzy Logic ) PENGERTIAN LOGIKA FUZZY ( FUZZY LOGIC ) Dalam bahasa inggris, fuzzy mempunyai arti kabur atau tidak jelas. Jadi, logika fuzzy adalah logika yang kabur, atau mengandung unsur ketidakpastian. Pada logika biasa, yaitu logika tegas, kita hanya mengenal dua nilai, salah atau benar, 0 atau 1. Sedangkan logika fuzzy mengenal nilai antara benar dan salah. Kebenaran dalam logika fuzzy dapat dinyatakan dalam derajar kebenaran yang nilainya antara 0 sampai 1. Logika fuzzy adalah suatu cara yang tepat untuk memetakan suatu ruang input kedalam suatu ruang output. Titik awal dari konsep modern mengenai ketidakpastian adalah paper yang dibuat oleh Lotfi A Zadeh ( 1965 ), dimana Zadeh memperkenalkan teori yang memiliki obyek-obyek dari himpunan fuzzy yang memiliki batasan yang tidak presisi dan kea...

3rd Assignment (Embedded Question, Conditional Sentences, Comparisons)

Nama : Erlin Novianty             Kelas : 4KA33             NPM : 1C114791 Mata Kuliah : Softskill Bahasa Inggris Bisnis 2 3rd Assignment (Embedded Question, Conditional Sentences, Comparisons) After my 1st and 2nd assignment about Tenses, so now, i will make 3rd assigment about what is Embedded Question, Conditional Sentences, Comparisons, how we can use them and also give examples about it. A.   Embedded Question Sometimes we want to use a question as part of another question or a statement, so this is called an embedded question. We can use embedded questions as part of other questions. This is sometimes called an indirect question and is often used to be polite. We can also use embedded questions as part of statements. The embedded question is a noun clause and can be used in a similar way to a noun. For example, we can use it as the subj...

ANIMASI

Nama               : Erlin Novianty Kelas               : 3KA33 NPM               : 1C114791 Tugas               : Softskill Peng. Animasi dan Desain Grafis Dosen              : Imam Ahmad                                                                         ANIMASI    A. Pengertian Animasi   ...